Inovasi Saung Kerukunan Umat Beragama Akan Dibangun Di Pringsewu

By Imron Rosadi 03 Jun 2021, 17:50:59 WIB Agama
Inovasi Saung Kerukunan Umat Beragama  Akan Dibangun Di Pringsewu

Kemenag Kabupaten Pringsewu (Humas) - Selain menggagas adanya Desa Sadar Kerukunan Umat Beragama, Kemenag Pringsewu juga menggagas dibangunnya Saung Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Pringsewu.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu Ahmad Rifa'i hari ini Kamis (3/6/21) juga melakukan Survei Lokasi yang akan di dirikan saung tangguh kerukunan umat beragama satu-satunya di Provinsi Lampung, di Kantor Pekon Waringinsari Timur Kecamatan Adiluwih, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

Ahmad Rifa'i menyampaikan bahwa  saung ini nantinya sebagai simbol Rukunnya Umat, Damainya Umat serta Saling Menghargai antara yang satu dan yang lainnya supaya menjadikan bersatunya umat. 

Rifa'i berharap semua unsur umat beragama yang ada, dengan harapan akan menjamin adanya keadilan dan persamaan dari semua umat beragama dalam mentaati regulasi pemerintah,”Kata Rifa'i. 

Pendirian Saung Kerukunan Umat ini baru hasil Inovasi dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu untuk menyatukan semua agama serta wahana menjalin persatuan antar umat dan antar agama serta menjalin komunikasi dengan lembaga keagamaan yang ada di kecamatan adiluwih ini.

“Saung ini nantinya menjadi media strategis untuk menjalin silaturahmi, komunikasi dan jejaring kami dalam rangka membuka diri, menyatukan pemahaman terkait perbedaan, memahami hidup bermasyarakat serta pergaulan hidup dalam aspek keagamaan dan keyakinan,” Ujar Kusnadi Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Adiluwih. 

selama ini seringkali menjadi permasalahan bagi sebagian kalangan. Pendirian saung ini sebenarnya didasarkan pada keperluan nyata dan sungguh-sungguh berdasarkan komposisi jumlah penduduk bagi pelayanan umat beragama yang bersangkutan di wilayah kelurahan/desa. Pendirian saung tersebut dilakukan dengan tetap menjaga kerukunan umat beragama, tidak mengganggu ketenteraman dan ketertiban umum, serta mematuhi peraturan perundang-undangan.

Turut mendampingi Kakankemenag Pada kesempatan tersebut Kepala Subbagian TU Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu M. Sakban, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Adiluwih Kusnadi, Kepala Pekon Ali Mustofa, serta tokoh masyarakat Waringinsari Timur. (Humas)




View all comments

Write a comment