Kakankemenag Pringsewu: Lestarikan Gamolan Sebagai Warisan Budaya

By Imron Rosadi 28 Sep 2021, 13:34:06 WIB Pendidikan
Kakankemenag Pringsewu: Lestarikan Gamolan Sebagai Warisan Budaya

Kemenag, Pringsewu (Humas) - Gamolan merupakan salah satu alat musik tradisional Lampung. Namun pada kenyataannya, masih banyak masyarakat yang kurang mengenal alat musik tradisional ini karena media pengenalan dan pembelajaran masih kurang.

"Agama dan budaya juga saling berkaitan, salah satunya agama menyebarkan ajaranya melalui budaya dan budaya membutuhkan agama untuk melestarikannya," demikan disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu H. Ahmad Rifa'i saat memberikan sambutan pada acara Pembukaan Pelatihan Gamolan di MTs Negeri 2 Pringsewu, Selasa (28/9/21).

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Bupati Pringsewu Dr. H. Fauzi ini juga dihadiri oleh Staf ahli Bupati Pringsewu, Kasubbag TU Kemenag Pringsewu M. Sakban, Kepala Jurusan Program Studi Pendidikan Musik FKIP UNILA Dr. Hasyimkan, S.Sn.,MA, Kepala MTs Negeri 2 Pringsewu Tina Marlinda, S.Ag.,M.Pd.I dan diikuti oleh Guru dari SMP, MTs, SMA, MA dan SMK Se-Kabupaten Pringsewu.

Rifa'i juga menyampaikan bahwa tenaga pendidik harus menjadi tauladan bagi anak didiknya, bagaimana mungkin anak didik memiliki keilmuan jika tenaga pendidiknya belum punya kemampuan. "Oleh karena itu saya berharap para peserta yang mengikuti kegiatan ini tidak hanya menyerap ilmu musik Gamolannya saja tetapi juga memiliki semangat untuk merawat dan melestarikan budaya daerah sebagai warisan kearifan budaya leluhur,"jelasnya. (Humas)




View all comments

Write a comment