Kakanwil Apresiasi Launching Program Tilawah Al-Quran pada Madrasah & Ponpes di Pringsewu

By Imron Rosadi 10 Jun 2021, 20:35:04 WIB Dokumentasi Kegiatan
Kakanwil Apresiasi Launching Program Tilawah Al-Quran pada Madrasah & Ponpes di Pringsewu

Pringsewu (Humas) – Bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Drs. H. Juanda Naim, M.H melakukan Pembinaan ASN, Launching PTSP dan Launching Program Tilawah Al Qur’an pada Madrasah dan Pondok Pesantren di Lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Pringsewu, Kamis (10/6/2021).

Acara yang dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat itu juga diikuti secara daring oleh jajaran ASN Kemenag Kabupaten Pringsewu. 
Tampak hadir di Aula Kemenag Kepala Bidang Penaiszawa Kanwil Kemenag Provinsi Lampung Erwinto, Jajaran Pejabat di Lingkungan Kankemenag Kabupaten Pringsewu, Para Kepala KUA, Kepala Madrasah Negeri, Ketua Pokjawas dan juga Pokjaluh. 

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu Ahmad Rifa’i menyampaikan bahwa dalam rangka meningkatkan disiplin ASN di Kankemenag Kabupaten Pringsewu pada masa Pandemi Covid-19 terutama bagi pegawai yang melaksanakan kerja dari kantor (work from office) telah diterapkan penggunaan presensi digital yang menggunakan scan wajah.

Pada kesempatan itu Rifa’i juga menyampaikan bahwa tujuan diluncurkannya (launching) program tilawah al Qur’an pada Madrasah dan Pondok Pesantren adalah untuk menjadikan siswa-siswi madrasah mencintai al Qur’an dan menjadi generasi yang Qur’ani. Ia juga berharap dengan adanya program tilawah al Qur’an ini dapat menumbuhkan talenta dan bakat-bakat baru dalam bidang tilawatil qur’an yang berasal dari siswa-siswi madrasah maupun pondok pesantren.

Terkait PTSP Rifa’i menyampaikan bahwa ini merupakan sebuah inovasi dari pemerintah dalam rangka peningkatan layanan publik, menyederhanakan birokrasi pelayanan dan sebagai upaya menciptakan good governance sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 65 Tahun 2016. “PTSP Kemenag Pringsewu juga akan melakukan digitalisasi layanan sebagai salah satu upaya agar layanan kita dapat diakses oleh masyarakat luas dengan lebih mudah” ucapnya. 

Sementara itu Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung Juanda Naim dalam arahannya menyampaikan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama harus bisa mencintai tempat pengabdiannya, mimiliki integritas yang tinggi dan mampu berinovasi serta memberikan kinerja terbaiknya bagi institusi Kementerian Agama.“Bekerjalah dengan sungguh-sungguh, berikan yang terbaik untuk masyarakat maka mudah-mudah-mudahan akan menambah ketakwaan kita kepada Allah” ujarnya.

Juanda juga mengapresiasi positif launching  program tilawah al Qur’an pada madrasah dan pondok pesantren sebagai upaya untuk menggali potensi siswa dalam mempelajari dan memahami al Qur’an serta mewujudkan generasi yang qur’ani. “Saya sangat mengapresiasi Kabupaten Pringsewu sebagai yang pertama meluncurkan program tilawah al Qur’an pada madrasah dan pondok pesantren. Mari terus gali potensi anak didik kita, terus lakukan inovasi, monitoring, evaluasi, mudah-mudahan Kabupaten Pringsewu ke depan akan menjadi lumbung qori dan qoriah di Provinsi Lampung ” lanjutnya. 

Kakanwil juga menyampaikan harapannya agar Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang diresmikan ini tidak hanya simbolis saja, tetapi dapat diimplementasikan sesuai juklak dan juknisnya. “Dengan adanya PTSP ini diharapkan dapat meningkatkan mutu layanan publik dengan menyederhanakan birokrasi dan memberikan kepastian layanan kepada masyarakat” pungkasnya.
Dalam kesempatan itu juga dilakukan penyerahan kepada Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung berupa hasil karya Khot Al Qur’an dari siswa siswi madrasah yang ada di Kabupaten Pringsewu yang secara simbolis diserahkan oleh Kepala MAN 1 Pringsewu Almadi dan Kepala MTs Negeri 2 Pringsewu Tina Marlinda. Khot Al Qur’an ini juga merupakan program yang ada di Madrasah yang ada di Kabupaten Pringsewu. (Humas)




View all comments

Write a comment