Rakor Penegakan Disiplin Prokes & Penanganan Covid-19 Secara Virtual

By Imron Rosadi 04 Mei 2021, 09:46:25 WIB Rapat Koordinasi
Rakor Penegakan Disiplin Prokes & Penanganan Covid-19 Secara Virtual

Kemenag Kabupaten Pringsewu (Humas) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu H. Ahmad Rifa'i mengikuti Rapat Koordinasi dalam rangka penegakan Disiplin Protokol Kesehatan dan penanganan Covid-19 di Daerah yang dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian secara virtual, Senin (3/4/21).

Dari ruang video Conference Kantor Pemerintah Kabupaten Pringsewu, hadir Bupati Pringsewu H. Sujadi, Kapolres Pringsewu AKBP. Hamid Andri Soemantri, SIK, Pabung Pringsewu Kodim 0424 Mayor Cpm (K) Eva Yuniar Kamal, S.E., Ketua DPRD Pringsewu Suherman, S.E., Kejari Pringsewu, KasatPol PP Ibnu Harjianto S.Pd., Kadis kominfo Drs. Samsir Kasim M.Pd.I., dan Kadis Perhubungan Pringsewu Mokhamad Khotim. Acara berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.

Menteri Dalam Negeri RI Muhammad Tito Karnavian menyampaikan bahwa menjelang Hari Raya Idhul Fitri terjadi peningkatan kerumunan seperti pasar, pusat perbelanjaan, tempat ibadah, pariwisata, serta lonjakan arus mudik yang perlu diwaspadai dan diantisipasi karena selama libur panjang menjelang Hari Raya Idhul Fitri ini penyebaran virus Covid-19 bisa saja semakin besar dan meluas.

"Masyarakat akan dihadapakan dengan libur panjang, tetapi pada saat itu justru akan rentan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan terutama pada tempat rekreasi dan transportasi publik. Jangan sampai hari libur ini menjadi klaster baru dan menurunkan tingkat kesadaran masyarakat dalam penerapan prokes" ujarnya.

Dikatakan pula oleh Tito, bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Agama agar terus-menerus mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat supaya melaksanakan sholat Idhul Fitri di rumah masing-masing dan proses halal bihalal dilakukan pada ruang lingkup keluarga terdekat saja guna menekan angka penularan virus Covid-19. 

Sementara Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas juga menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan keagamaan atau  ibadah dan pengajian-pengajian agar menjalankannya sesuai dengan protokol kesehatan. Menag juga meminta kepada jajaran Kementerian Agama untuk memperketat pengawasan penerapan protokol kesehatan di rumah ibadah. (Humas)




View all comments

Write a comment