Songsong Ramadhan, Kemenag Gelar Rakor Bersama Polres dan Pemkab Pringsewu

By Admin 12 Apr 2021, 11:42:37 WIB Rapat Koordinasi
Songsong Ramadhan, Kemenag Gelar Rakor Bersama Polres dan Pemkab Pringsewu

Kemenag, Pringsewu (Humas) – Dalam rangka menyongsong dan menyikapi datangnya bulan Suci Ramadhan Tahun 1442 H/ 2021 M dalam masa pandemi Covid-19, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Peringsewu Menggelar Rapat Koordinasi dan Silaturahmi Bersama Pemerintah Daerah dan Polres Pringsewu serta Tokoh Agama di Aula Kantor Kemenag setempat, Senin (12/4/21).

Hadir dalam Rapat Kordinasi tersebut Kapolres Pringsewu yang diwakili oleh Kasat Binmas Polres Pringsewu IPTU Mardiyono, Kabag  Kesra Sekdakab Pringsewu Nang Abidin Hasan, Kepala Badan Kesbangpol yg diwakili Mei Beti, Para Kasi, Pokjaluh, Kepala KUA, Kordinator  PAI  non PNS di Lingkungan Kankemenag Kabupaten Lampung dan sejumlah Pimpinan Ormas dan Lembaga Dakwah  di Kabupaten Pringsewu.

Rapat koordinasi ini  membahas dikeluarkannya Maklumat Bersama Tentang Panduan Pelaksanaan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 142 H Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Pringsewu. Adapun Maksud dan tujuan dikeluarkan Maklumat bersama ini adalah untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) serta memberikan rasa aman kepada Umat Islam dalam menjalankan Ibadah pada bulan Suci Ramadan tahun 1442 H/2021 M. "Maklumat Bersama ini sangat penting untuk memberi Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri sebagai acuan bagi pengurus/pengelola rumah ibadah dan masyarakat Kabupaten Pringsewu yang memenuhi aspek Syari'at Islam dan Protokol Kesehatan.’’ Demikian dikatakan Kakankemenag Kabupaten Pringsewu Ahmad Rifai.

Baca Lainnya :

Maklumat bersama ini dibuat berdasarkan Kepres No. 7 tahun 2020 Tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kepres No. 11 tahun 2020 tentang Penetapan Status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dan Surat Edaran Menteri Agama Nomor : 04 tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 H/2021 M.

Lebih lanjut Rifa'i juga menyampaikan tentang pentingnya meningkatkan kualitas kerukunan hidup umat beragama yang ada di Kabupaten Pringsewu, Ia meminta agar seluruh KUA, Penyuluh Agama Islam dan Tokoh Agama dapat mencegah munculnya faham radikalisme sejak dini dengan melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat. “Melalui pembinaan, Monitoring dan Evaluasi, maka kita dapat mengetahui sejak dini adanya potensi radikalisme dan  konflik di masyarakat,”jelasnya.

WhatsApp Image 2021 04 12 at 22.11.00

Sementara itu Kapolres Pringsewu melalui Kasat Binmas Polres Pringsewu IPTU Mardiyono menyampaiakan ucapan terimakasih Kepada Kementerian Agama yang telah mengeluarkan Surat Edaran Tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 H/2021 M yang masih dalam suasana pandemi covid-19 ini, Ia juga mendukung dan mengapresiasi atas dibuatnya maklumat bersama oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu.

Mardiyono juga mengajak seluruh Pejabat di Lingkungan Kantor Kemenag Pringsewu dan Tokoh Agama dapat bersama-sama mensosialisasikan tentang penerapan protokol kesehatan dan dapat mencegah munculnya faham radikalisme di kabupaten Pringsewu. Disampaikannya bahwa dalam rangka penanganan Covid-19 Polres Pringsewu telah melakukan operasi yustisi yang dilaksanakan setiap hari dengan melibatkan TNI dan Polri serta Pol PP. “Selain itu Polres Pringsewu juga telah membentuk Kampung Tangguh Nusantara serta melakukan penyebaran pamphlet himbauan penerapan Prokes yang dipasang di seluruh masjid dan mushola yang ada di Kabupaten Pringsewu,”terangnya.

Ia juga berharap agar Tokoh agama dan Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam dapat memberikan ceramah atau tausiah di bulan suci Ramadan ini dengan tetap mengacu pada penggunaan bahasa yang baik, tepat, sejuk dan tidak mengandung unsur provokatif agar kita dapat meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama yang ada di kabupaten pringsewu,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan Maklumat Bersama oleh Ketua PD Muhammadiyah, Ketua PC NU, Ketua LDII, Ketua DMI Kabupaten Pringsewu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pringsewu dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu. (Humas)




View all comments

Write a comment